SENOPATI

Tahapan Inovasi : Penerapan
Inisiator Inovasi : Dinas Kesehatan
Jenis Inovasi : Digital
Bentuk Inovasi : Inovasi pelayanan publik
Urusan Inovasi : kesehatan
Rancang Bangun dan Pokok Perubahan Yang Dilakukan :

Balai Kesehatan Masyarakat (Balkesmas) Wilayah Pati merupakan salah satu fasilitas pelayanan kesehatan yang sangat diperlukan dalam mendukung penyelenggaraan upaya kesehatan masyarakat. Pada masa pandemik Covid-19, diperlukan upaya untuk melindungi pasien dan tenaga kesehatan serta untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Salah asatu upaya tersebut adalah Balkesmas Wilayah Pati menerapkan sistem pendaftaran online yang terintegrasi dengan screening pasien. Alternatif pendekatan pengembangan sistem informasi adalah memanfaatkan jaringan internet yang semakin mudah diakses oleh semua orang, digitalisasi pencatatan manual, memanfaatkan peralatan nirkabel untuk meningkatkan akses informasi dan mengembangkan media telekomunikasi dengan media sosial. Kemudahan akses informasi dan akses pendaftaran akan dapat meningkatkan kepuasan pasien dan juga meminimalkan penularan Covid-19.

Tujuan Inovasi :

Memberikan kecepatan pelayanan yang lebih baik dan mencegah kerumunan atau antrian pasien yang akan berobat

Manfaat Yang Diperoleh :
  1. Memberikan kemudahan pendafataran
  2. Status pendaftaran dapat diketahui setiap saat
  3. Efektivitas waktu
  4. Pasien akan lebih cepat terlayani
Hasil Inovasi :

Aplikasi SENOPATI untuk pendaftaran online di rumah atau di Balkesmas Wilayah Pati dibantu oleh petugas dengan cara scan barcode

Waktu Uji Coba Inovasi : 00-00-0000
Waktu Implementasi : 00-00-0000