SIMPEL (Sistem Informasi Pelayanan Kerumahtanggaan)

Tahapan Inovasi : Penerapan
Inisiator Inovasi : Biro Umum Setda
Jenis Inovasi : Digital
Bentuk Inovasi : Inovasi tata kelola pemerintahan daerah
Urusan Inovasi : Fungsi Penunjang lainnya sesuai dengan ketentuan peraturan perundangan-undangan
Rancang Bangun dan Pokok Perubahan Yang Dilakukan :

Rancang Bangun SIMPEL

Rancang Bangun Sistem Menggunakan arsitektur Client/Server artinya pemprosesan aplikasi ini dijalankan melibatkan dua sisi yakni sisi mesin server pusat dan sisi client. dengan rancang bangun Client/Server yang memungkinkan banyak client untuk dapat mengakses sebuah aplikasi yang terhubung melalui jaringan internet.sehingga, penggunaan aplikasi dapat fleksibel dan mudah di akses oleh Client dengan terhubung pada satu server dan data tersimpan pada database yang terstruktur.

Pokok Perubahan yang Dilakukan

Inovasi aplikasi Sistem Informasi Pelayanan Kerumahtanggan memudahkan User (Biro-Biro Dilingkup Setda Prov Jateng) untuk melakukan pelaporan kerusakan sarana pra sarana dan pengajuan Konsumsi untuk Rapat / hal terkait kepada Sub Bagian Pelayanan Kerumah Tanggaan. User dapat melakukan 2 proses pelaporan antara lain;

  1. Melalui Pesawat 500 yaitu User menelpon dan melaporkan kerusakan sarana pra sarana kepada admin yang ditunjuk oleh Sub Bagian Pelayanan Kerumah tanggaan kemudian menginput di aplikasi SIMPEL.
  2. Melalui Website yaitu User dapat melakukan penginputan sendiri memalui akun simpel terhadap pelaporan kerusakan sarana pra sarana dan pengajuan konsumsi.

Simpel terintegrasi Whatsapp API yang memungkinkan Petugas Penanganan Kerusakan atau petugas konsumsi dapat mendapat notifikasi melalui aplikasi Whatsapp. sehingga pelaporan langsung diterima oleh penanggung jawab dan proses perbaikan / pengajuan konsumsi segera terlaksana.

Tujuan Inovasi :

TUJUAN INOVASI

Tujuan inovasi simpel antara lain ;

  1. Kecepatan Melakukan pelaporan Kerusakan sarana Prasarana dan pengajuan konsumsi
  2. Penggunaan Teknologi untuk menyederhanakan Proses Birokrasi
  3. sistem tracking untuk mengetahui pelaporan kerusakan yang belum tertangani
Manfaat Yang Diperoleh :

MANFAAT YANG DIPEROLEH

Manfaat yang di peloreh dalam pengembangan aplikasi SIMPEL

  1. penyederhanaan proses birokrasi dalam melakukan pengajuan kerusakan sarana pra sarana dan pengajuan konsumsi
  2. data pengajuan kerusakan lebih terstruktur karena tersimpan di database
  3. percepatan penanganan kerusakan karena notif pengajuan kerusakan sarana pra sarana langsung di terima oleh penanggung jawab penanganan maupun mimpinan

Rekap data berdasarkan kriteria kerusakan

Hasil Inovasi :

HASIL INOVASI

Hasil dari inovasi adalah aplikasi Sistem Pelayanan Kerumah Tanggan yang terintegrasi dengan layanan biro umum sehingga mempermudah Biro-Biro / internal Biro umum untuk melakukan pelaporan kerusakan sarana prasarana dan karena pelaporan kerusakan sarana pra sarana langsung di sampaikan ke Penanggung jawab pelayanan maka proses perbaikan akan segera di tangani 

Waktu Uji Coba Inovasi : 04-05-2020
Waktu Implementasi : 14-07-2020