MEDIA PEMBELAJARAN MINI GAMES BERBASIS ANDROID SEBAGAI PENGGANTI BUKU DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)

MEDIA PEMBELAJARAN MINI GAMES BERBASIS ANDROID SEBAGAI PENGGANTI BUKU DALAM PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)

 

Tegar Mandiri, Iwan

SMA Negeri 1 Wirosari

 

Abstrak - Pembelajaran jarak jauh (PJJ) mau tidak mau harus segera diadaptasi dengan baik oleh seluruh satuan pendidikan. Namun pada praktiknya banyak sekali learning lost yang terjadi pada PJJ. Salah satu faktornya adalah kurangnya inovasi dari media pembelajaran yang diberikan oleh Guru. Media pembelajaran yang saat ini digunakan masih belum merangsang interaksi peserta didik terhadap media tersebut. Untuk itu perlu dibuat media pembelajaran yang merangsang daya interaktif peserta didik terhadap pembelajaran. Media Pembelajaran Mini Games Berbasis Android akan menjadi solusi dari minimnya interaksi dari peserta didik dalam pembelajaran jarak jauh dengan segala kelebihan yang ada di dalamnya yaitu : animasi yang menggugah minat peserta didik, materi yang disertai dengan penjelasan dari pembuat media, video pembelajaran, serta latihan soal beserta koreksi disetiap soal dan skornya.

 

 

Kata kunci : media, pembelajaran, interaktif, android.

Pembelajaran jarak jauh (PJJ) mau tidak mau menjadi solusi bagi seluruh satuan pendidikan untuk tetap melaksanakan pembelajaran dalam kondisi pandemi Covid – 19 yang bahkan sampai sekarang masih terjadi. Bapak / Ibu guru dituntut lebih kreatif dan inovatif merancang pembelajaran dan membuat media pembelajaran agar peserta didik tetap dapat belajar dengan baik meskipun minimnya peran guru secara tatap muka. Dengan media pembelajaran yang interaktif, diharapkan siswa dapat belajar secara mandiri dengan antusias, tidak mudah jenuh, dan nantinya akan berpengaruh pada keberhasilan pembelajaran jarak jauh. Saat ini rata – rata penggunaan media pembelajaran hanya sekedar Buku Elektronik,  penggunaan power point, dan video pembelajaran yang hanya satu arah sehingga kurang merangsang daya interaktif peserta didik. Dengan media pembelajaran Mini Games Berbasis Android ini akan memiliki beberapa keuntungan antara lain :

  1. Terdapat Animasi yang merangsang minat peserta didik untuk menggunakan media pembelajaran tersebut.
  2. Terdapat materi yang nantinya dilengkapi dengan suara dari pembuat sehingga peserta didik dapat memahami materi dengan lebih baik.
  3. Terdapat video pembelajaran yang mungkin dapat memfasilitasi peserta didik yang lebih nyaman belajar menggunakan video
  4. Dilengkapi dengan latihan soal yang dapat dicoba terus – menerus oleh peserta didik sampai mendapatkan hasil yang baik. Latihan soal dilengkapi dengan skor dan fitur benar atau salah dari jawaban yang dipilih peserta didik. Sehingga peserta didik tahu mana soal yang dikerjakan dengan benar dan mana yang masih salah. Dan nantinya peserta didik dapat memperbaiki lagi.
  5. Dalam setiap fitur nantinya bisa diberi audio agar peserta didik dapat belajar menggunakan media tersebut dengan lebih asyik.
  6. Karena dalam bentuk android, peserta didik hanya perlu mendownload 1 kali untuk diinstal di handphone masing – masing peserta didik. Sehingga peserta didik dapat menggunakan media tersebut tanpa menggunakan kuota internet.

Mungkin sebagian peserta didik yang memiliki kondisi ekonomi yang bagus, dapan menggunakan aplikasi Ruang Guru, Zenius, dan mungkin masih banyak lagi aplikasi berbayar lainnya. Akan tetapi untuk peserta didik dengan kondisi ekonomi kurang, rasanya media pembelajaran yang penulis tawarkan akan sangat berguna bagi kesuksesan pembelajaran jarak jauh.

Awal mula ide pengembangan inovasi ini adalah ketika saya pribadi mengikuti suatu diklat yang diselenggarakan oleh Pusdatin Kemdikbud RI yaitu PembaTIK. PembaTIK adalah Diklat untuk guru tentang pembelajaran berbasis TIK yang terdiri dari 4 level yaitu level literasi, implementasi, kreasi, dan berbagi (4i leveling) dan dimulai dari Bulan April sampai Desember 2021. Dari 80.000 peserta se Indonesia, pada akhirnya saya terpilih untuk lolos sebagai peserta PembaTIK level 4 (30 Besar Jawa Tengah) dan mendapatkan gelar Sahabat Rumah Belajar (SRB Jateng 2021). Walaupun tidak sampai sebagai peringkat 1 Jawa Tengah yang mendapatkan gelar Duta Rumah Belajar, akan tetapi ilmu yang saya peroleh di diklat tersebut sangat membuka mata saya tentang Multimedia Pembelajaran Interaktif (MPI) yaitu media pembelajaran dalam bentuk animasi yang sangat merangsang minat belajar peserta didik khususnya dalam pembelajaran matematika. Dengan mengembangkan MPI imi dalam bentuk android, saya mencoba berinovasi tentang media pembelajaran berbasis android yang nantinya dapat membantu peserta didik dapat belajar dimanapun, kapanpun, dan dengan siapapun.

Media Pembelajaran Mini Games Berbasis Android merupakan salah satu aplikasi android sederhana yang berisikan :

  1. Kompetemsi dasar dan tujuan pembelajaran yang nantinya dapat dicapai oleh peserta didik.
  2. Materi pembelajaran disertai dengan suara dari pembuat aplikasi yang akan memudahkan peserta didik memahami materi tersebut.
  3. Selain materi pembelajaran, di aplikasi tersebut terdapat video pembelajaran yang dapat memfasilitasi peserta didik yang lebih mudah memahami materi dalam bentuk video.
  4. Dilengkapi dengan latihan soal yang dapat dicoba terus – menerus oleh peserta didik sampai mendapatkan hasil yang baik. Latihan soal dilengkapi dengan skor dan fitur benar atau salah dari jawaban yang dipilih peserta didik. Sehingga peserta didik tahu mana soal yang dikerjakan dengan benar dan mana yang masih salah. Dan nantinya peserta didik dapat memperbaiki lagi.
  5. Dalam setiap fitur nantinya bisa diberi audio agar peserta didik dapat belajar menggunakan media tersebut dengan lebih asyik.
  6. Yang terakhir, pastinya akan diberikan kesimpulan dari materi pembelajaran yang sudah dipelajari.

 

Nantinya media pembelajaran ini mempunyai kapasitas file yang bervariasi tergantung variasi animasi yang ada didalamnya. Semakin kecil kapasitas media ini, akan mengurangi beban kinerja smartphone android peserta didik sehingga peserta ddik akan lebih nyaman menggunakannya.

Dengan sasaran pasar yaitu di sekolah - sekolah yang membutuhkan, pastinya media inipun akan dapat disesuaikan dengan pesanan guru masing - masing sekolah (karena karakteristik peserta didik di satu sekolah dengan sekolah yang lain pasti berbeda), dan jika sekolah juga ingin mendapatkan aplikasi dalam bentuk exe yang dapat diinstal di laptop, nantinyapun akan tetap bisa kita buatkan.

Nama : Iwan Tegar Mandiri
Alamat : Jl. Blora Km.1 RT 08/ RW 02, Desa Getasrejo, Kecamatan Grobogan, Kabupaten Grobogan
No. Telepon : 0895411811453