Semarking (Smansakar Shopping) : E-commerce berbasis website sebagai media promosi produk UMKM

Penelitian ini merupakan penelitian yang bertujuan untuk memberikan solusi kepada pada wirausahawan muda di SMA N 1 Karanganom yang berawal dari tugas praktik Prakarya dan kewirausahaan dengan menjual produk hasil karya setiap kelompok. Pelatihan enterpreneur merupakan salah satu capaian belajar siswa dalam pembelajaran di sekolah khususnya pada mata pelajaran PKWU (Prakarya dan kewirausahaan). Namun selama ini prmosi atau pemasaran produk hanya terbatas menggunakan media story atau status WhatsApp. Sehingga masih banyak siswa lain yang tidak mendapat informasi terkait produk-produk tersebut. Tak sedikit yang kemudian meminta rekan lainnya untuk membantu menyebarkan, membagikan poster- poster produk tersebut ke story WhatsApp masing-masing dikarenakan terbatasnya relasi. Seiring perkembangan zaman, media yang digunakan untuk promosi semakin beragam. Fitur yang diberikan juga semakin profesional. Oleh karena itu, untuk menjawab permasalahan dari keterbatasan penyampaian informasi terkait produk/ promosi produk kepada warga sekolah. Peneliti berinisiatif untuk membuat sebuah media yang nantinya akan dijadikan sarana penyaluran informasi terkait barang atau produk yang dijual, yaitu dengan pembuatan e-commerce berbasis website agar mudah diakses tanpa harus mendownload aplikasi. Website ini nantinya dapat dikembangan untuk masyarakat luas agar pelaku UMKM di tingkat Kabupaten/kota memiliki jangkauan pasar lebih luas.

Kata kunci : wirausaha,website,wordpress,e-commerce

Berawal dari tugas praktik prakarya dan kewirausahaan disekolah untuk membuat produk UMKM yang kemudian diperjual-belikan di lingkungan sekolah. Namun terbatasnya jangkauan pemasaran produk dan kurang efisennya sistem promosi pada praktik wirausaha siswa di SMA N 1 Karanganom menyebabkan tidak tercapainya omset yang maksimal. Sistem promosi yang digunakan sebelumnya ialah dengan menggunakan fitur story WhatsApp, melalui story/status WhatsApp tersebut produsen memasarkan/mempromosikan produk dagangannya. Akan tetapi system tersebut kurang efektif dikarenakan kendala relasi,hanya orang- orang tertentu khususnya yang saling menyimpan nomor WhatsApp yang dapat melihat produk tersebut dan melakukan transaksi jual-beli. Tak sedikit produsen yang kemudian meminta tolong siswa lainnya untuk membantu menyebarkan informasi dan mempromosikan produk tersebut di story WhatsApp mereka.
Mengingat di era sekarang ini yang serba digital, tidak sedikit wirausahawan yang memanfaatkan teknologi untuk memasarkan dan mempromosikan produknya melalui media e-commerce untuk mendapatkan jangkauan pasar yang lebih luas. Hal ini yang kemudian melatarbelakangi peneliti untuk membuat e-commerce berbasis website yang dapat diakses oleh seluruh warga SMANSAKAR (SMA N 1 Karanganom) agar memudahkan produsen dalam memasarkan produknya tanpa terkendala oleh relasi dan tercetuslah ide “semarking.com” (Smansakar Shopping) yaitu e-commerce berbasis website yang dibuat dan dikembangkan menggunakan CMS WordPress.

1. Dapat diakses dengan mudah, tanpa menyita penyimpanan seperti aplikasi e-commerce
2. Tampilan Web menarik dengan aksesibilitas yang mudah
3. Dapat menghubungkan penjual dan pembeli tanpa adanya ikatan relasi sebelumnya
4. Pembeli tidak perlu menyimpan no penjual
5. Dapat memberikan testimoni pada laman web

Nama : Hanifa Aziz Sadida
Alamat : Bogo, Tibayan, Jatinom
No. Telepon : 082232366858