Lapak dan Klinik Komoditas Pertanian Organik (LKKPO)

Pertanian organik merupakan suatu sistem budidaya yang dalam pelaksanaanya tidak menggunakan bahan kimia sebagai penunjang proses produksi sehingga hasil dari produk tersebut lebih sehat. Peningkatan permintaan produk tersebut berbanding terbalik dengan proses pemasaran produk sayuran yang begitu terbatas terutama pada komoditas organik. Sehingga perlu adanya sebuah terobosan baru untuk meningkatkan komoditas pangan organik yang akan meningkatkan produktivitas di suatu daerah salah satunya di Kebumen.

Lapak Dan Klinik Komoditas Pertanian Organik (LKKPO)merupakan inovasi yang memfasilitasi dalam pemasaran, penyaluran, konsultasi dan penanganan segala komoditas pertanian pangan organik untuk meningkatkan produktivitas yang sehat dari segi kualitas produk hingga produktivitas para masyarakat petani. Dengan cara mengajak para petani untuk bekerja sama meningkatkan kualitas hasil komoditas yang dihasilkan sehingga dapat optimal serta aman dan selain itu membuka klinik konsultasi segala kendala yang dialami oleh para petani. Petani bisa secara langsung berkonsultasi kepada LKKPO.

Hasil komoditas yang terpilih yang memiliki kualitas baik akan dipasarkan di pusat-pusat pembelanjaan modern yang tentunya akan meningkatkan harga jual yang dapat meningkatkan kesejahteraan petani. Untuk target pemasaran ialah masyarakat perumahan sebagai target pasar utama karena masyarakat perumahan cenderung lebih memiliki kelebihan dalam segi financial dan mereka lebih mengutamakan kualitas dari pada kuantitas. Bukan hanya masyarakat perumahan tapi juga berbagai rumah makan dan restoran yang berada di daerah kebumen untuk ketersedian dalam menyediakan stok produk segala macam kebutuhan yang dibutuhkan seperti halnya sayuran untuk olahan menu makanan. Hampir setiap hari rumah makan dan restoran membutuhkan segala bahan-bahan untuk keberlangsungan usaha mereka, sehingga segmen pasar tersebut sangat menjanjikan.

Sejarah pembangunan pertanian identik dengan sejarah keberadaan umat manusia di muka bumi ini. Bukti menunjukkan bahwa kejayaan dan kehancuran peradaban manusia sangat bergantung pada bagaimana manusia mengelola sumber daya pertaniannya. Lahirnya pusat-pusat peradaban manusia yang termasyhur. Namun, sejarah juga mencatat bahwa pusatperadaban itu akhirnya hancur lebur karena keteledoran masyarakat daerahtersebut dalam mengelola sumber daya pertanian. Indonesia yang memiliki beberapa macam komoditas sebenarnya berpotensi menjadi produsen komoditas organik dunia. Pasar organik di dunia terus tumbuh dengan bersamaan perkembangan teknologi yang canggih. Kondisi tersebut dapat menjadi keuntungan bagi negara Indonesia untuk meningkatkan ekspor.

Setiap daerah yang ada di indonesia, setiap wilayah memiliki potensi komoditas tersendiri yang menguntungkan baik dalam kesejahteraan para petani maupun perekonomian negara. Namun hingga saat ini masih ada dan banyak para petani di beberapa wilayah yang tertinggal dengan pola pikir yang sempit. Dari segi pengelolaan serta pemasaran masih terbilang tertinggal sehingga kesejahteraan para petani belum bisa meningkat. Bersamaan dengan perkembangan saat ini perlu adanya inovasi baru yang bisa di mulai dari para petani muda milenial untuk membantu dan bekerja sama dengan para petani untuk meningkatkan kesejahteraan para petani. Dalam kenyataannya banyak petani mengalami kesulitan dalam memasarkan hasil komoditas atau produknya. Sehingga banyak dari petani menjual produknya dengan harga yang relatif sangat murah sehingga kesejahteraan dan kualitas hidup petani sangat lambat mengalami peningkatan. Sulitnya pemasaran dalam bidang pertanian ini juga mempengarugi harga dari hasil komoditas organik dan Anorganik. Harga dari hasil organik dan Anorganik seharusnya berbeda dilihat dari segi kualitas produk tersebut berbeda. Hasil komoditas organik saat ini lebih mahal dari pada anorganik. Namun masih sedikitnya para petani yang menggunakan pertanian organik dan terkendala dalam pemasaran. Hal tersebut berdampak pada menurunnya minat petani untuk melakukan budidaya secara organik.

Dalam proses produksi strategi pemasaran merupakan hak yang penting dalam perekonomian pertanian indonesia. Pemasaran pertanian dapat menciptakan nilai vtambah melalui nilai guna tempat, guna bentuk, dan guna waktu. Pemasaran pertanian merupakan bagian dari ilmu pemasaran pada umumnya, tetapi dapat dianggap sebagai disiplin ilmu yang berdiri sendiri. Anggapan ini didasarkan pada karakteristik produk pertanian serta subjek dan objek pemasaran pertanian itu sendiri. Pemasaran produksi barang pertanian, membutuhkan’ lembaga pemasaran yang lebih panjang (pengolahan, penyimpanan, pengangkutan) bila dibandingkan dengan pemasaran produk non pertanian (Firdaus, 2008)

LKKPO (Lapak dan Klinik Komoditas Pertanian Organik) merupaka sebuah inovasi dalam mensejahterakan para petani dalam segi pengelolaan, pemasaran, dan bimbingan konsultasi dari berbagai aspirasi kendala yang dihadapi oleh para petani. LKKPO akan memberikan solusi serta membatu dari segi aspek dalam meningkatkan hasil pertanian. Dalam prosesnya LKKPO menyediakan lapak berbagai hasil komoditas organik yang secara langsung diperoleh dari para petani. Pada umumnya para petani biasanya memasarkan hasil pertaniannya melewati beberapa pihak sehingga dalam pelaksanaanya hanya mendapatkan untung yang sedikit karena panjangnya rantai pemasaran. Diharapkan adanya inovasi ini akan dapat memotong rantai pemasaran sehingga para petani akan mendapatkan untung yang lebih tinggi dan konsumen juga akan mendapatkan produk yang lebih murah serta kualitas yang bagus. Peningkatan keuntungan diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup petani yang salah satunya ada di Kebumen.

LKKPO merupakan inovasi pemasaran serta klinik  yang akan menjual berbagai macam jenis hasil komoditas yang masih segar. Penyediaan LKKPO diharapkan dapat memenuhi keinginan konsumen serta masyarakat para petani akan kebutuhan dalam LKKPO, selain itu pembuatan LKKPO diharapkan dapat membantu petani dalam proses pemasaran produk-produk hasil kemoditas. Semakin meningkatnya permintaan akan berbagai macam hasil komoditas  dan semakin mudahnya dalam pemasaran  berbagai produk LKKPO lama kelamaan akan mendorong petani untuk beralih dalam proses budidaya secara organik.

Konsumen dapat membeli langsung produk sayuran organik pada lapak yang sudah dibuka. Selain itu LKKPO melakukan pemasaran lewat secara langsung serta sosialisasi. Serta Pelayanan Delivery Order dilakukan untuk memudahkan konsumen dalam mendapatkan produk yang diinginkan selain itu juga membuat daya tarik serta kenyamanan bagi konsumen. Pemasaran untuk LKKPO selain terhadap individu, pemasaran juga dilakukan terhadap beberapa rumah makan atau tempat tempat penjual makanan yang menggunakan sayuran sebagai bahan bakunya.

Selain itu LKKPO juga menyediakan klinik konsultasi bagi setiap para petani atas keluhan yang di hadapi oleh para petani. Petani bisa secara langsung datang dan melakukan prosedur serta berkonsultasi atas keluhan atau masalah yang sedang dihadapi kepada para petugas LKKPO. Setiap keluhan dari segi pemasaran,penangan,distribusi,serta hasil komoditas

Nama : Ami Nilmala Hanung
Alamat : Jalan Raya Peniron, Desa Pejagoan, Kecamatan Pejagoan, Kabupaten Kebumen
No. Telepon : 081326561356