GUBERNUR JAWA TENGAH APRESIASI ALAT TANGKAP IKAN PENGGANTI CANTRANG

Hasil-hasil kreativitas dan inovasi baik yang dikelola pemerintah, akademisi maupun swasta, perlu disosialisasikan dan dipromosikan kepada masyarakat dalam kegiatan pameran. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah setiap tahun mengadakan Pameran Produk Inovasi (PPI) yang diikuti oleh Akademisi, Bisnis, Goverment dan Comunity. PPI tersebut menampilkan temuan-temuan teknologi yang kreatif, inovatif baik yang sudah diterapkan atau masih dalam proses uji coba atau prototype.

Event tahunan yang selenggarakan untuk memperingati Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HAKTEKNAS) Ke 22 yang dipusatkan di Gor Jetayu Kota Pekalongan pada tanggal 15/9/2017 dan dibuka secara resmi oleh Gubernur Jawa Tengah Tengah H. Ganjar Pranowo, SH, M.IP.

Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Melalui Bappeda Prov Jateng memfasilitasi para pemenang Krenova dalam satu stand untuk mengenalkan dan memamerkan produk hasil temuannya.

Salah satu yang menarik perhatian Gubernur Jawa Tengah dari stand Bappeda Provinsi Jawa Tengah adalah inovasi Alat Tangkap Ikan Ramah Lingkungan Pengganti Cantrang hasil karya Azis Tarsono warga Kabupaten Batang. Alat ini nantinya akan diuji coba kelayakannya. Apabila berhasil dan tidak merusak lingkungan, alat ini akan diproduksi secara massal.

"Negara yang akan memproduksi, kalau ada pihak yang bisa buat maka akan kami beli untuk nelayan. Intinya kami akan dorong produk apapun yang berguna untuk masyarakat," imbuh Gubernur Jawa Tengah.

Diharapkan adanya PPI ini masyarakat sebagai pengguna akan memperoleh informasi, pengetahuan, wawasan, sehingga budaya IPTEKIN dapat kita wujudkan untuk daya saing bangsa, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat