PENGANUGERAHAN PEMENANG LOMBA KRENOVA DAN PENJARINGAN INOVASI MASYARAKAT TAHUN 2022

Kegiatan dengan tema “Riset Inovasi untuk Kedaulatan Pangan dan Energi”, merupakan rangkaian Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (HARTEKNAS) Ke-27 Tahun 2022.

Acara dibuka oleh Gubernur Jawa Tengah yang diwakili oleh Plt. Kepala Bappeda Provinsi Jawa Tengah, Ir. Agung Tejo Prabowo, MM, yang didampingi oleh Wakil Bupati Purworejo Ibu Hj. Yuli Hastuti, SH. Dalam sambutannya, beliau menegaskan bahwa salah satu tantangan besar dalam usaha menumbuhkembangkan inovasi adalah hilirisasi dan komersialisasi yang belum berjalan secara optimal. Dari domain inovator, produktivitas membangun inovasi acap kurang diimbangi dengan kapasitas kewirausahaan. Oleh karena itu,  penting kiranya kompetensi inovasi dibangun bersamaan dengan kompetensi kewirausahaan.

kemajuan jaman dan teknologi telah mampu menyatukan semua kepentingan. Oleh karenanya tak mengherankan meski kegiatan ini secara hybrid, offline dan virtual,  semua acara dapat disaksikan masyarakat luas.

Dalam rangkaian acara pembukaan tersebut, dilaksanakan penyerahan hadiah, baik lomba krenova dan penelitian Tingkat Purworejo, serta lomba krenova dan penjaringan inovasi masyarakat Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022. Sebanyak 25 Inovasi hasil karya Inventor/Inovator  telah memenangkan penghargaan tersebut, dengan kategori 10 Pemenang Utama, 10 Pemenang Harapan yang diseleksi oleh Dewan Juri dan 5 Pemenang Favorit ditetapkan melalui polling pada website PINDAH Jateng.

 Jumlah keseluruhan proposal yang masuk dalam Lomba Krenova dan Penjaringan Inovasi Masyarakat Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022 ini sebanyak 275 usulan temuan/inovasi dari seluruh Kabupaten/Kota di Jawa Tengah.

Selain mendapatkan Uang Pembinaan, Sertifikat Gubernur dan Piala para pemenang diberikan fasilitasi lanjutan bagi para inventor/inovator hasil Lomba Krenova dan Penjaringan Inovasi Masyarakat, yang tidak hanya berhenti pada tahap pemberian penghargaan saja. Beragam bentuk fasilitasi diberikan agar para inventor semakin berkreasi dan berdaya saing sehingga dapat melahirkan perusahaan pemula berbasis riset atau start up inovasi yang mengkomersialkan produk hasil kreativitasnya seperti penguatan kapasitas SDM, Inkubasi Bisnis Teknologi, Pelatihan Drafting dan Fasilitasi Pendaftaran Kekayaan Intelektual, Hilirisasi Teknologi, Business Technology Center (BTC), Diseminasi, Perekayasaan Teknologi, Penyertaan Promosi produk melalui pameran dan Business Matching.

Acara dimeriahkan pula dengan pameran, talkshow inspiratif dan pentas seni di Ganeca Convention Hall, Kabupaten Purworejo selama dua hari pada tanggal 23 - 24 November 2022.