Penganugerahan Pemenang Lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) dan Penjaringan Inovasi Masyarakat Tahun 2021

Bertempat di Gedung Gradhika Bakti Praja Jalan Pahlawan Nomor 1 Semarang, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan penghargaan kepada 14 kabupaten/kota pemenang Indeks Daya Saing Daerah (IDSD) dan tiga pemenang Kreatifitas dan Inovasi Masyarakat (Krenova) 2021.

14 kabupaten/kota dengan indeks daya saing tertinggi yakni Kota Surakarta, Kota Semarang, Salatiga, Kota Pekalongan, Wonogiri, Sragen, Kabupaten Semarang, Rembang, Purbalingga, Pati, Kudus, Kendal, Banyumas dan Batang.

Sedangkan 3 penerima penghargaan Krenova yakni Soekma Agus Sulistyo dengan Inovasi Robot Otonom, Fatah Syaifur Rochman dengan Inovasi Shibiru , dan Teguh Waluyo dengan Inovasi Pot Madu Buatan.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengutarakan bahwa penghargaan tersebut merupakan bentuk kepedulian pemerintah provinsi terhadap kabupaten/kota maupun masyarakat yang telah berhasil melakukan inovasi kreasi.

“Ini kita kasih penghargaan kepada mereka yang berhasil melakukan kreasi inovasi. Sehingga ada daya saing dari kabupaten/kota dan dari masyarakat yang ternyata temuannya cukup banyak,” ucap Ganjar.

Diharapkan, lanjut Ganjar, temuan kreasi inovasi tersebut menjadi ruang yang bisa menyelesaikan persoalan yang melibatkan berbagai pihak.

“Kenapa perlu kreasi inovasi karena menyongsong era 5.0? Itu sebenarnya komunitas itu bisa menyelesaikan sendiri,” ujarnya.

Menurut Ganjar, untuk menyelesaikan persoalan, dapat memadukan berbagai kekuatan, yaitu sumber daya, termasuk teknologi informasi digital.

“Nah, ternyata banyak kabupaten/kota ini yang hebat-hebat. Bahkan tadi ada bagian masyarakat yang terlibat dan hasilnya cukup bagus, dan kita kasih penghargaan pada mereka,” ucapnya. (*)